Oleh2 dari cangkrukan bareng komunitas Linux di kampoengcyber

31 03 2008

Sabtu malam di KampoengCyber.

Inilah pertama kalinya, diriku mengunjungi KampoengCyber(KC) yang beralamat di Rungkut Asri Utara. Ternyata KampoengCyber asik juga buat cangkrukan, salut buat mas Budi yang punya konsep KampoengCyber.

Banyak juga komunitas Linux yang ikut serta dalam acara tersebut. Diantaranya KLAS(Kelompok Linux Arek Suroboyo), SMEL(Surabaya Female Linuxer), SarangLinux(www.saranglinux.com), OSC(OpenSourceComminity-PENS ITS), KOLU(UPN), QIBLAT(ITATS), komunitas Linux Madura, dan masih banyak lagi.

Pak Rusmanto InfoLinux didaulat jadi pembicara(trims pak Rus sudah mau “diculik” teman2 dari pagi…he3x) dan di moderatori mas Dick dari KLAS. Di acara yang berjalan gayeng tersebut kita sharing mengenai perkembangan Linux dan OpenSource di Surabaya. Ada juga deklarasi beberapa komunitas linux seperti komunitas dr bangkalan dan dari SMEL. SMEL adalah wadah untuk pencinta Linux untuk kaum hawa Surabaya. Sebuah apresiasi untuk mereka patut kita berikan.

Hal yang dibahas antara lain bagaimana menyebar luaskan gaung Linux dan OpenSource di Surabaya, kemudian regenerasi aktivis Linux, Penetrasi Linux di dunia pendidikan, bagaimana memanfaatkan Linux sebagai wadah berkreatifitas dan produktif dengan Linux.

Disitu, akhirnya tau bahwa dalam sejarahnya, kode sumber pemprograman pada awalnya bersifat terbuka(Open) sehingga memungkinkan banyak orang dapat memahami alur program komputer, belajar, dan mengembangkannya program tersebut. Kemudian pada satu titik sejarah, Mi**osoft melakukan proteksi pada kode pemprograman sistem operasinya. Hal inilah yang membuat orang seperti RMS(Richard Michael Stallman) ato lebih dikenal dengan Richard Stallman membuat organisasi seperti GNU yang mengakomodasi kebebasan dalam melihat kode sumber pemprograman, memakai, mendistribusikan, serta mengoprek kode tersebut sehingga menjadi lebih baik. Saya juga akhirnya tau bahwa Macintosh itu adalah turunan FreeBSD. Pantesan command di Shell Mac sama/hampir sama dengan command Unix pada umumnya, ternyata masih saudara juga dengan Linux. Saya kemudian jadi berpikir…Jangan2 Wind**s itu turunan dari Linux…wah..!!!

Tentang Linux di dunia pendidikan, saya melihat bahwa ada peluang besar Linux untuk bisa exist. Sayang, ada beberapa pendapat yang cenderung pesimis jika Linux bisa diimplementasikan dalam dunia pendidikan padahal mereka sendiri adalah aktivis Linux. Alasan mereka, kurikulum masih memakai Windows dan mereka takut siswa mereka tidak diterima kerja karena tidak bisa Windows. Menurut  penulis sih, pendapat tersebut sangat keliru. Kenapa? pertama, Linux terbukti mampu mencerdaskan bangsa. Suatu hal yang tidak dapat dipungkiri mengingat  banyaknya distro Linux yang dibuat putra bangsa.  Hal ini mengindikasikan bahwa transfer ilmu pengetahuan berjalan dengan sangat baik dalam metode pengembangan OpenSource. Salut pada beberapa elemen aktivis seperti dari TOSS yang konsen menyebarluaskan Linux untuk pendidikan pada beberapa sekolah di Surabaya. 2 Thumbs Up buat mereka. Pak Rusmanto sendiri juga pernah mengusulkan pada menteri terkait tentang penggunaan Linux pada pendidikan. Kedua, sekolah yang memakai software bajakan secara tidak langsung juga mendukung penggunaan software bajakan dan menanamkannya kepada murid2 mereka tentang dihalalkannya membajak. Padahal yang diajarkan seperti mengetik dengan Ms Word, Excel dan Powerpoint juga dapat dijumpai pada OpenOffice. Ketiga, tentang efisiensi. berapa uang yang bisa dihemat dan dapat dipergunakan untuk beasiswa bagi murid jika sekolah tersebut memakai
OpenSource. Resiko kehilangan data sekolah akibat virus juga menjadi berkurang.

Banyak sekali yang penulis dapat pada acara tersebut. Semoga acara silaturahmi dan cangkrukan komunitas Linux seperti ini jadi lebih sering kita adakan.

Salam Linuxer 🙂

Advertisements

Actions

Information

One response

18 03 2009
rio

hahhhaA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: