Bareng2 pake format dokumen masa depan > use OpenDocumentFormat

10 08 2007

OpenDocumentFormat adalah format dokumen dari OpenOffice(www.openoffice.org). Suatu suite apikasi perkantoran buatan komunitas open source. Anda akan menemukan Open Office di hampir setiap distro/varian linux. Format ini dibangun oleh konsorsium yang bernama OASIS. ODF adalah format file berbasis XML yang independen sehingga dapat digunakan aplikasi apa saja tanpa tergantung aplikasi yang membuatnya. Ekstensi format file ini seperti .odt pada wordprocessor, .odp pada presentation, .ods pada spreadsheet, .odg pada grafik, dan odf untuk formula matematis(equation). Sengaja penulis cari2 informasi tentang penggunaan, tentang siapa dan apapun yang menurut penulis berkaitan. Setelah googling bentar penulis membaca :

  • Artikel di kompas “IBM terapkan format OpenDocument pada Lotus Notes”. IBM telah menggunakan ODF pada software Workplace buatannya sejak awal. Bersama para pengembang software lainnya, IBM mendukung format yang dapat mengintegrasikan semua sistem sehingga setiap orang tidak perlu tergantung pada format dokumen Microsoft Office.
  • Pada awal Mei, International Organization for Standardization (ISO) dan International Electrotechnical Commission (IEC) telah mengesahkan format ODF sebagai standar dokumen digital. Kesuksesan beberapa pengembang software meloloskan format ODF sebagai standar akan membentuk peta persaingan baru industri software perkantoran. IBM sendiri mengkalim bahwa Lotus Notes telah digunakan lebih dari 125 juta orang. File-file ODF dapat diekspor dan diimpor dari satu aplikasi ke aplikasi lain yang mendukung. Dengan demikian, file tersebut dapat diedit dan dibaca dari berbagai jenis aplikasi.
  • Artikel/berita di detikinet(detikinet.com). Pemerintahan daerah Massachusets, Amerika Serikat, mengumumkan keinginan mereka untuk beralih ke sistem dokumen yang terbuka. Hal itu kemudian berarti ditinggalkannya Microsoft Office sebagai aplikasi kerja utama pemerintahan di wilayah tersebut. Saat itu yang disebut-sebut sebagai calon pengganti adalah OpenOffice dari OpenOffice.org atau Star Office dari Sun Microsystem. Rencana migrasi itu akan dikembangkan agen peemrintahan secara bertahap, maksimal akan diimplemetasikan sebelum 1 Januari 2007.
  • Proyek untuk menerjemahkan, menerbitkan, mendokumentasikan openoffice berbahasa indonesia. lihat di id.openoffice.org
  • Infolinux 06/200. Open Document Format (ODF) telah disetujui sebagai sebuah standar internasional oleh International Standard Organization. ODF mendukung pengambilan informasi dan pertukaran dokumen tanpa berhubungan dengan aplikasi atau platform yang digunakan ketika membuat dokumen tersebut. Format ini didukung oleh Corel, IBM, Novell, Opera Software, Oracle, Red Hat, dan Sun Microsystems. Salah satu aplikasi yang sudah memanfaatkan ODF adalah OpenOffice.org yang merupakan alternatif gratis dari Microsoft Office. Microsoft sendiri mendesak format dokumen OpenXML miliknya sebagai alternatif dari ODF, dan juga berencana mendapatkan ijin ISO untuk OpenXML.

Mungkin dari artikel/berita yang penulis dapat. Penulis sangat optimis bahwa format OpenDocument akan banyak dipakai dan tidak mustahil untuk menjadi format dokumen masa depan. Saya sudah mulai mencoba. bagaimana dengan anda?
The OpenDocument specification is available for download and use. Tanpa retriksi.

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: