Toilet Inspiration

22 06 2007

Tulisan ini aq tulis untuk mengenang jasa2 toilet. Keliatane tulisan ini jorok yah..sebenarnya tidak. Aq cuman pengen memandang toilet dari sudut pandang yang lain.

Semua orang tentu kenal ama tempat ini. Kita sejak kecil udah diajarin untuk mbuang air disono. Apalagi klo kita udah gede, tentunya malu klo mbuang ekskret(ini istilah biologi untuk sisa2 proses pembuangan akhir—gini2 aq ahli biologi juga he3x) disembarang tempat kayak si pus ama si bleki.sick1.gif

Aq sering denger klo beberapa orang kreatif suka cari inspirasi disana. sambil e*'(ups..maap). seperti pencipta lagu ama pengarang cerpen. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam ngendon disana. Cari2 inspirasi, ide, mikir2 untuk karya2 masterpiece mereka. Jujur, kadang aq juga nemuin suatu ide atau teringat hal2 yang aq lupain selama ini. Di Toilet. Klo u?

Dilihat dari sudut pandang filosofi(wih…dalem…men) terkadang toilet adalah salah satu tempat dimana kita bisa melihat diri kita apa adanya. Diingatkan pada fitrah manusia yang sebenarnya bahwa kita setiap hari bersinggungan dengan kekotoran. Diingatkan bahwa sebelum kita memakai wangi2an dan ngeceng kita harus membersihkan diri kita. Diingatkan bahwa manusia setinggi, sekaya, sepintar, seganteng/ayu apapun tetep yang namanya manusia itu gak boleh sombong(emang yang mau disombongin klo kita udah ditoilet itu apaan?). ya gak?

Mahluk tuhan yang namanya Iblis pernah diusir dari surga karena dia sombong kepada adam. Adam diciptakan dari tanah, sedang aq dari api. Kata dia. Kesombongan yang menyebabkan dia dicopot jabatanya dari pemimpin mahluk disurga serta diusir dan dilaknat dari dulu ampe sekarang. Astagfirullah, semoga kita senantiasa dilindungi tuhan yme.

Ketika seseorang menyadari kelemahan dan kekurangan diri, dan bersikap rendah hati lah. yang namanya petunjuk dari tuhan turun kepada dia, sehingga ia dapat mengenali dirinya lebih dalam dan mendapat ilmu. Makanya kadang kita mendapat ide2 dan inspirasi ditoilet. Bukan berarti tempat(baca:toilet) yang memberi inspirasi. Tetapi ketika kita mulai menyadari diri, bersikap rendah hati, dan menyediakan ruang yang seluas mungkin untuk introspeksi diri. So, segeralah masuk toilet…..eh sadar. Gmana Men???

Advertisements

Actions

Information

One response

24 06 2007
Juleha...

Hemmm…..masih aktif bloging yach…..:)
diriku lagi puyeng nech…..tapi untuk tulisan yang satu ini YUP…..setuju….
hehehe….mo cerita tapi malu 😀
kalau dirimu baca buku “Renungan Closet” by : Rieke D
yah gitulah intinya……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: