Jadi Juara KRI, Robot G-Rush Raih Tiga Penghargaan

13 06 2007
Source: EEPIS Online

TIM Robot G-Rush yang sejak awal dijagokan akhirnya dinyatakan keluar sebagai juara pertama dan berhak atas piala Sambhawana Pratimacala, sekaligus mewakili Indonesia pada ABU Robocon di Hanoi, Vetnam, pada 26 Agustus 2007 mendatang.

Robot G-Rush berhasil mengalahkan ”saudaranya sendiri” Q-Num-On dengan kemenangan 8-2 pada babak final yang berlangsung seru, dan satu sama lain saling melakukan manuver di tengah lapangan selama tiga menit. Selain tampil sebagai juara, G-Rush juga meraih dua penghargaan lainnya yang masing-masing dinobatkan sebagai tim robot dengan poin terbanyak, dan tim dengan IT terbaik. Tim IT Terbaik diberikan oleh Menkominfo, Mohammad Nuh yang penilaiannya didasarkan pada kemampuan terbanyak dalam penerapan strategi atau algoritma pemrograman.

Tim robot lain dalam KRI yang memperoleh penghargaan khusus dipegang oleh Robot Empu Gandring dari Politeknik Negeri Malang untuk penghargaan sebagai tim dengan ide terbaik, sedang robot berpenampilan terbaik diraih oleh Robot Bombastic dari Universitas Indonesia.

Robot dari UI dinobatkan sebagai tim robot berpenampilan terbaik karena pada saat diperempat final telah menyuguhkan tontonan terbaiknya dari robot otomatis yang bergerak dengan menari-nari dan melangkah untuk menuju ”pulau komodo” di poin tiga atau dibagian tengah. Saat itu, semua penonton terhibur dan bersorak seperti dikomando oleh gerakan robot.

Sedang Robot Empu Gandring dinobatkan sebagai tim robot dengan ide terbaik, karena saat melawan G-Rush di babak perempat final dapat menghindari dan menyusun strategi menghadapi lawan dengan indah dalam menyusun mutiara di pulau-pulau yang dikuasainya.

No. Robot Instansi
1.2. G-RushQ Numb On PENSPENS

Juara Harapan:

– F4lcon (ITS)

– L4GE (Universitas Bhayangkara Surabaya)

– Penghargaan Lain

No. Jenis Penghargaan Robot Instansi
1.2.

3.

4.

Tim TerbaikTim Skor Tertinggi

TIm Ide Terbaik

IT Terbaik

BombasticG-Rush

Empu Gandring

G-Rush

Universitas IndonesiaPENS

Politeknik Negeri Malang

PENS

Advertisements

Actions

Information

One response

14 06 2007
rizalrepublic

Yah ini memang bukan hanya kerja satu tim robot tapi meliputi semua elemen2 civitas akademika EEPIS-ITS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: